Penerapan Teknik Artikulasi Dalam Bernyanyi Lagu Hymne Guru Pada Paduan Suara Unisono Melalui Metode Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Paduan Suara SMP Negeri Weliman Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka

ASA, Maria Yasintha Abuk (2020) Penerapan Teknik Artikulasi Dalam Bernyanyi Lagu Hymne Guru Pada Paduan Suara Unisono Melalui Metode Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Paduan Suara SMP Negeri Weliman Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

Kegiatan paduan suara di SMP Negeri Weliman merupakan salah satu dari kegiatan ekstrakurikuler. Realita yang terjadi dilapangan, peserta didik bernyanyi dengan pengucapan yang tidak benar. Faktor penyebabnya adalah kurangnya siswa-siswi dalam melatih vokal sebelum bernyanyi. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian yaitu, “Bagaimana penerapan teknik artikulasi dalam bernyanyi lagu Hymne Guru pada paduan suara unisono melalui metode drill bagi siswa-siswi minat paduan suara SMP Negeri Weliman Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam rangka penerapan teknik artikulasi dalam bernyanyi lagu Hymne Guru pada paduan suara unisono melalui metode penelitian tindakan lapangan yaitu metode pembelajaran drill bagi siswa-siswi minat paduan suara SMP Negeri Weliman Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapkan teknik artikulasi dalam bernyanyi lagu Hymne Guru pada paduan suara unisono melalui metode drill bagi siswasiswi minat paduan suara SMP Negeri Weliman Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka dilaksanakan dalam delapan kali pertemuan yaitu pertemuan pertama, perekrutan siswa, penentuan jadwal dan menjelaskan materi tentang teknik artikulasi. Pertemuan kedua, latihan pernapasan, dan latihan artikulasi menggunakan etude. Pertemuan ketiga, menjelaskan karakter lagu Hymne Guru dinyanyikan dengan teknik legato, latihan membaca motif lagu, latihan pernapasan, dan latihan artikulasi menggunakan etude. Pertemuan keempat, latihan lagu Hymne Guru birama 1 sampai birama 12. Petemuan kelima, peneliti melanjutkan latihan lagu Hymne Guru birama 13 sampai birama 28. Pertemuan keenam, latihan pengulangan lagu dari birama 13 sampai birama 28 dan melanjutkan latihan keseluruhan lagu secara terusmenerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pertemuan ketujuh, latihan pemantapan lagu Hymne Guru. Pertemuan kedelapan, pementasan lagu sesuai dengan apa yang telah dilatih bersama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa upaya menerapkan teknik artikulasi dalam bernyanyi lagu Hymne Guru pada paduan suara unisono melalui metode drill bagi siswa-siswi SMP Negeri Weliman Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka memberikan dampak positif kepada siswa-siswi minat paduan suara walaupun masih terjadi kesalahan namun dengan metode yang digunakan yaitu metode drill dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa, dengan demikian siswa dapat menyanyikan lagu Hymne Guru dengan teknik artikulasi yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik artikulasi, paduan suara unisono, lagu, metode drill, siswa-siswi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 28 Oct 2020 00:03
Last Modified: 28 Oct 2020 00:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item