Penerapan Teknik Role Playing (Bermain Peran) Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Kelas XI IPS1 SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

BALUT, Lodovika Kristina (2020) Penerapan Teknik Role Playing (Bermain Peran) Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Kelas XI IPS1 SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : apakah penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok efektif untuk peningkatan penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas XI IPS1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk peningkatan penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas XI IPS1 SMAK Sint Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket penyesuaian diri. Instrumen perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman pelaksanaan teknik role playing melalui bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukan nilai thitung sebesar 11,484 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 1% sebesar 4,032. Dengan demikian berdasarkan kaidah penelitian yakni nilai t hitung > t tabel yang menyatakan bahwa hasil uji beda rata-rata Pretest dan posttest sangat signifikan, maka Ho ditolak dan Ha dierima dengan kata lain penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok efektif untuk peningkatan penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah kelas XII IPS1 SMAK Sint Carolus Penfui tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1).Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertinggi dan penanggung jawab hendaknya memantau pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah bagi siswa yang mengalami masalah khususnya penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah.2).Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing kepada siswa yang mengalami penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah. 3). Siswa diharapkan agar lebih aktif mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing yang disediakan di sekolah untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:37
Last Modified: 03 Nov 2020 05:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3582

Actions (login required)

View Item View Item