TASI, Frederikus (2020) Efektivitas Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIIA SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (109kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (25kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik sosiodrama melalui konseling kelompok efektif meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas VIIA SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik sosiodrama melalui konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuian diri siswa pada kelas VIIA SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen one group pretest-postest design. Instrumen penelitian yang digunakan ada dua yaitu instrumen pengumpul data berupa angket penyesuaian diri siswa dan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik sosiodrama melalui layanan konseling kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 8,799 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan db= N-2 adalah 4,302. Dengan demikian berdasarkan kaidah penelitian yakni jika nilai thitung > ttabel maka dapat dikatakan bahwa hasil uji beda rata-rata pretest dan posttest sangat signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain penerapan teknik sosiodrama melalui layanan konseling kelompok efektif meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VIIA SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah diharapkan untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas dalam melancarkan kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama agar dapat membantu meningkatkan penyesuaian diri siswa. 2. Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. 3. Guru mata pelajaran diharapkan untuk aktif dan mendukung setiap layanan BK dan memberikan informasi kepada guru BK tentang siswa yang kurang mampu menyesuaikan diri untuk ditindak lanjuti dalam layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama. 4. Siswa diharapkan untuk dapat terlibat aktif mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama yang dilaksanakan oleh guru BK untuk meningkatkan penyesuaian dirinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 05:22 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 05:22 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3587 |
Actions (login required)
View Item |