Meningkatkan Kreativitas Siswi Minat Tari SMA Negeri 5 Kupang Dalam Menggarap Gerak Tari Wanda Pa’u Dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya

DURA, Laurensia Filomena Marni Ndu (2018) Meningkatkan Kreativitas Siswi Minat Tari SMA Negeri 5 Kupang Dalam Menggarap Gerak Tari Wanda Pa’u Dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
cover.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)

Abstract

Seni tari merupahkan salah satu bentuk karya seni untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui suatu gerak yang indah. Tarian Wanda Pa’u adalah tarian penyambutan tamu yang berasal dari daerah Ende Lio. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi tidak hanya pada pengembangan materi ajar, namun juga kemampuan siswi minat tari dalam hal berkreasi seni khususnya seni tari yang dapat berpengaruh positif terhadap siswi dalam mengemas bahan ajar yang berbasis pada garapan gerakan tarian, khususnya tarian Wanda Pa’u modifikasi. Melalui tarian ini kelompok minat tari SMA Negeri 5 Kupang dibantu untuk menggali bakat dan kemampuan mereka secara baik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan kreatifitas siswi kelas XI kelompok minat tari SMA Negeri 5 Kupang dalam menggarap gerak tari Wanda Pa’u. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreatifitas siswi minat tari SMA Negeri 5 Kupang dalam mempraktekan tari wanda pa’u. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan lapangan dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri atas observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa proses menggarap gerak tari Wanda Pa’u dilakukan melalui 3 tahap yakni tahap awal peneliti menjelaskan tentang tarian Wanda Pa’u kepada siswi minat tari, tahap inti peneliti mulai mengarap gerakan-gerakan tarian bersama siswi minat tari, dan siswi yang memiliki presentase lebih dari kelompok mulai menyampaikan ide-ide gerak tari yang cocok untuk digunakan dalam tarian penyambutan tamu dan tahap akhir siswi minat tari melakukan pentas akhir atau presentasi hasil garapan gerak tari. Penelitian ini dilakukan dalam 9 kali pertemuan dengan hasil yang cukup efektif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode pembelajaran Tutor Sebaya. Metode Pembelajaran Tutor Sebaya merupahkan sebuah proses bimbingan terhadap sekelompok siswa dengan memperhatikan tingkat perkembangan siswa masing-masimg tidak sama. Tutor Sebaya maksudnya seseorang atau beberapa orang yang ditunjuk atau ditugaskan untuk membantu teman tertentu yang mengalami kesulitan dalam hal ini menggarap gerak tari yang mengandung arti dalam penerimaan tamu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggarap gerak tari Wanda Pa’u melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya cukup efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tarian wanda pa’u, siswi, ragam gerak, metode Tutor Sebaya.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:58
Last Modified: 16 Oct 2019 01:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item