Upaya Memperkenalkan Teknik Apreggio Dalam Lagu (Kokoro No Tomo) Dengan Menggunakan Instrument Keyboard Melalui Metode Drill Pada Mahasiswa Minat Musik Semester IV Pendidikan Musik Unwira Kupang.

JAMIN, Hendrikus (2020) Upaya Memperkenalkan Teknik Apreggio Dalam Lagu (Kokoro No Tomo) Dengan Menggunakan Instrument Keyboard Melalui Metode Drill Pada Mahasiswa Minat Musik Semester IV Pendidikan Musik Unwira Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 1 BAKAR.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 2 BAKAR.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB 3 BAKAR.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB 4 BAKAR_compressed.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB 5 BAKAR.pdf

Download (190kB)

Abstract

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang khususnya pada Program Studi Pendidikan Musik mempunyai salah satu matakuliah yakni Keyboard. Di Program Studi pendidikan musik sendiri matakuliah ini dibuat menjadi tiga tahapan pembelajaran yakni mulai dari, keyboard I, keyboard II, dan Keyboard III. Ada kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yaitu mahasiswa belum mengetahui cara menggunakan teknik arpeggio yang baik dan benar saat memainkan alat musik keyboard ini.Untuk itu peneliti ingin memperkenalkan teknik tersebut kepada mahasiswa semester IV yang belum mengetahui cara menggunakan teknik arpeggio ini. Adapun rumusan masalah yang dibuat oleh peneliti adalah bagaimana upaya memperkenalkan teknik arpeggio dengan menggunakan instrument keyboard dalam lagu „‟Kokoro No Tomo‟‟ melalui metode drill. Adapun tujuan dari peneliti adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran teknik arpeggio menggunakan instrument keyboard dalam lagu model “Kokoro No Tomo”menggunakan metode drill pada mahasiswa semester IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode drill yang dilaksanakan selama 6 kali pertemuan dapat memberikan hasil belajar yang cukup efektif. Dalam proses penelitian ini subyek penelitian berlatih secara berulang-ulang dengan memperhatikan contoh yang diberikan oleh peneliti saat proses penelitian berlangsung, sehingga pada akhirnya subyek penelitian dapat mampu memahami setiap materi yang diberikan oleh peneliti. Proses penelitian ini berlangsung dalam tiga tahap yakni tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Pada tahap awal peneliti merekrut mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Musik yang sudah mendapat pembelajaran matakuliah keyboard. Selanjutnya pada tahap inti, peneliti memberikan materi tentang teknik arpeggio danjuga latihan-latihan etude. Lalu untuk tahap akhir subyek penelitian mempresentasikan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode drill merupakan metode yang tepat dalam upaya memperkenalkan pembelajaran teknik arpeggio kepada mahasiswa semester IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arpeggio, Keyboard, Drill, Kokoro No Tomo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:50
Last Modified: 26 Oct 2020 01:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item