Profil Kebiasaan Belajar Peserta Didik Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Belajar Pada Kelas VIII B SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

BUPU, Emiliana (2020) Profil Kebiasaan Belajar Peserta Didik Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Belajar Pada Kelas VIII B SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)

Abstract

Judul skripsi : Profil kebiasaan belajar peserta didik dan implikasinya bagi pengembangan program bimbingan belajar pada kelas VIII B SMP Negeri 1 Kupang, tahun pelajaran 2019/2020. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profil kebiasaan belajar peserta didik pada kelas VIII B SMP Negeri 1Kupang, tahun pelajaran 2019/2020? dan apa implikasinya bagi pengembangan program bimbingan belajar di SMP Negeri 1 Kupang, tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian untuk mengetahui profil kebiasaan belajar peserta didik dan implikasinya bagi pengembangan program bimbingan belajar pada kelas VIII B SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah responden 29 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kecenderungan pusat/ tendency central. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yakni kebiasaan belajar. Hasil analisis data menunjukkan skor rata-rata populasi kebiasaan belajar peserta didik sebesar 110,3 berada pada rentangan skor 100-130, termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis setiap aspek menunjukkan bahwa pada aspek senantiasa hadir di kelas sebelum pelajaran dimulai dengan skor 32,379 di rentangan skor 28-36 berada pada kategori sedang, aspek terbiasa mengunjungi perpustakaan dengan skor 28,03 di rentangan skor 28-36 berada pada kategori sedang, aspek menjawab pertanyaan dengan skor 25,706 di rentangan skor 25-32 berada pada kategori sedang, aspek membuat rangkuman dengan skor 25,08 di rentangan skor 22-32 berada pada kategori sedang. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 tergolong cukup baik. Bertolak dari hasil penelitian, maka peneliti memberikan saran bagi: 1) Kepala sekolah selaku penanggung jawab agar dapat memfasilitasi dan mendukung seluruh layanan bimbingan belajar yang dilaksanakan di sekolah sehingga dapat terlaksana dengan baik guna membantu mengatasi masalah peserta didik khususnya masalah kebiasaan belajar. 2) Guru BK/ konselor untuk merancang dan mengembangkan program bimbingan belajar agar dapat membantu peserta didik meningkatkan kebiasaan belajar yang baik. 3) Guru mata pelajaran agar secara aktif memberikan informasi kepada guru BK di sekolah tentang peserta didik yang memiliki kebiasaan belajar cukup baik untuk ditindaklanjuti dalam bimbingan belajar. 4) Peserta didik agar memanfaatkan bimbingan belajar yang ada di sekolah sebagai sarana untuk meningkatkan kebiasaan belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 26 Oct 2020 00:53
Last Modified: 26 Oct 2020 00:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item