Perlindungan Konsumen Atas Pelayanan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Cendana Di Kelurahan Kefamenanu Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara

BRIA, Maria Renyi Rosari (2020) Perlindungan Konsumen Atas Pelayanan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Cendana Di Kelurahan Kefamenanu Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)

Abstract

Konsumen merupakan pengguna atau pemakai barang dan/atau jasa. Dalam hal memakai barang dan/atau jasa, konsumen mempunyai hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban itu harus dilaksanakan secara seimbang. Masalah yang dihadapi oleh masyarakat Kelurahan Kefamenanu Selatan saat ini adalah masalah pelayanan air bersih. Durasi pelayanan pendistribusian air bersih di Kelurahan Kefamenanu Selatan Kabupaten TTU per hari adalah 4-5 jam. Sedangkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum menghendaki pelayanan air bersih dilakukan terhadap seluruh anggota masyarakat wilayah tertentu dan pendistribusian air dilakukan selama 24 jam per hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Perlindungan Konsumen atas Pelayanan Air Bersih oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Cendana di Kelurahan Kefamenanu Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan konsumen atas pelayanan air bersih oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Cendana di Kelurahan Kefamenanu Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis adalah mengidentifikasi dan mengkonsepkan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam system kehidupan yang nyata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi pustaka. Metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen di Kelurahan Kefamenanu Selatan Kabupaten TTU sudah mendapatkan air bersih sesuai dengan syarat kualitas buktinya air bersih tersedia, higenis, dan tidak terkontaminasi. Akan tetapi, air bersih yang tersedia belum memenuhi standar kuantitas dan kontinuitas. Hal ini ditandai dengan terjadinya pendistribusian air bersih yang hanya dilakukan dalam durasi waktu 2-3 jam setiap satu atau dua minggu sekali. Air bersih yang tersedia belum cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Konsumen juga tidak mendapat informasi tentang besaran tarif dan keadaan khusus yang menyebabkan terjadinya perubahan atas kualitas, kuantitas, dan kontinuitas pelayanan. Tarif pembayaran setiap tahun meningkat. Tahun 2019 jumlah tarif pembayaran senilai Rp.30.600,00 (tiga puluh ribu enam ratus rupiah) dan pada tahun 2020 jumlah tarif yang harus dibayar oleh konsumen senilai Rp.40.500,00 (empat puluh ribu lima ratus rupiah). Dengan demikian, PERUMDA Air Minum Tirta Cendana Kabupaten TTU sebagai pelaku usaha telah cukup memberikan perlindungan terhadap konsumen. Namun, hak konsumen untuk mendapatkan air bersih sesuai dengan pasal 53 PP Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum belum sepenuhnya terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tersebut, penulis menyimpulkan bahwa PERUMDA Air Minum Tirta Cendana Kabupaten TTU telah cukup memberikan perlindungan terhadap konsumen di Kelurahan Kefamenanu Selatan Kabupaten TTU, namun perlindungan yang diberikan belum maksimal. Oleh karena itu, Penulis menyarankan kepada PERUMDA Air Minum Tirta Cendana agar lebih memperhatikan waktu pendistribusian air bersih dan mencari sumber mata air baru sehingga syarat kuantitas dan kontinuitas air dapat terpenuhi serta diharapkan agar PERUMDA Air Minum Tirta Cendana Kabupaten TTU dapat memberikan informasi kepada konsumen berkaitan dengan besaran tarif dan keadaan khusus yang terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:09
Last Modified: 24 Nov 2020 04:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item View Item