Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang

ASAEF, Mersiana (2017) Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi peserta didik dalam memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan isi akademik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana gaya kognitif siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana kedisiplinan siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui gaya kognitif siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dari Analisis data diperoleh: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang (2) Gaya kognitif siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang termasuk dalam kategori Field Independent dengan nilai rata-rata Test GEFT sebesar 11,5, artinya rata-rata siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tergolong dalam Field Independent (3) Kedisiplinan siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 83,2 (4) Adanya hubungan antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,80 dan nilai koefisien determinansi (D) = 64%, serta nilai F ≥ F atau 28,44 > 3,30 (5) Adanya pengaruh antara gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh gaya kognitif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 43,118 + 0,835 X1 + 0,372 X2 dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 4,7125 ≥ 3,30

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif, Kedisiplinan, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 25 Nov 2020 00:53
Last Modified: 25 Nov 2020 00:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item