Penerapan Teknik Dasar Aransemen Musik Sekolah Pada Instrumen Pianika Dengan Lagu Model Bolelebo Untuk Siswa-Siswi Level Tingkat SMP Kelas VII

MALI, Agustinus Severianus Laku (2020) Penerapan Teknik Dasar Aransemen Musik Sekolah Pada Instrumen Pianika Dengan Lagu Model Bolelebo Untuk Siswa-Siswi Level Tingkat SMP Kelas VII. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Cover EVAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 1 Aransemen Evan.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II Aransemen Evan.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB III aransemen.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV Aransemen Evans.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB V evan.pdf

Download (107kB)

Abstract

Aransemen merupakan kegiatan kreatif dalam mengolah dan mengembangkan elemen-elemen musik menjadi sebuah karya baru. Adapun tahapan dalam pembuatan aransemen sederhana untuk musik sekolah diantaranya yaitu : 1) Menentukan lagu yang akan di aransemen, 2) Mengolah pola ritme, harga nada, irama, durasi notasi, 3) Menentukan Akor, 4) Menulis melodi, 5) Progresi Akor (pergerakan akor), dan 6) Lintas sukat, sedangkan format instrumen yang akan diaransemen menyesuaikan dengan alat musik yang dimiliki sekolah yaitu praktek instrument musik sekolah. Membuat aransemen instrument musik sekolah merupakan kegiatan kreatif dalam mengolah dan mengembangkan elemen-elemen musik menjadi sebuah karya baru. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana menggarap kerja aransemen sebagai suatu upaya kreatif atas lagu/nyanyian yang dipilih dengan tujuan untuk membantu mengatasi masalah di lapangan, dalam hal ini masalah khasanah lagu-lagu yang dapat dipakai sebagai bahan pembelajaran Musik (Seni Budaya) disekolah menengah pertama. Penetapan lagu/nyanyian sesuai dengan berbagai pertimbangan psikologis dan pedagogis yang cocok untuk jenjang pendidikan SMP. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan teknik dasar aransemen musik sekolah pada instrument pianika dengan lagu model Bolelebo untuk siswa-siswi level tingkat SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dalam pengertian bahwa peneliti tidak melakukan kegiatan tindakan lapangan untuk memperoleh data penelitian untuk dianalisis. Berbagai konsep teoretis dan data yang dianalisis diperoleh melalui kajian kepustakaan dan buku-buku, karya ilmiah, tesis, disertasi, ensiklopedia, internet dan sumber-sumber lain dan dari pengamatan awal atas permasalahan lapangan dan Informasi awal ini kemudian direfleksikan oleh peneliti yang selanjutnya menentukan langkah-langkah kerja untuk mengatasi masalah yang telah dirumuskan. Jenis data yang digunakan penelitian adalah jenis data proses/langkah kerja dan hasil kerja aransemen dalam bentuk skor atau partitur. Hasil penelitian ini ialah mengaransemen lagu bolelebo dalam bentuk praktek instrumen musik sekolah dan menjelaskan materi tentang mengaransemen lagu dan menjelaskan langkah-langkah mengaransemen, akor yang terdapat pada lagu bolelebo dan unsur harmoni serta memahami motif ritmis, motif melodis, gaya musik dan harmoni yang akan diterapkan ke dalam lagu Bolelebo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teori Musik, Harmoni, Teknik Mengaransemen Musik Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:00
Last Modified: 10 Feb 2021 02:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item