Penerapan Teknik Dasar Aransemen Musik Sekolah Pada Instrumen Rekorder Soprano Dengan Lagu Model Oras Loro Malirin Untuk Siswa-Siswi Level SMP Kelas VII-VIII

ADUK, Anna Yulita (2020) Penerapan Teknik Dasar Aransemen Musik Sekolah Pada Instrumen Rekorder Soprano Dengan Lagu Model Oras Loro Malirin Untuk Siswa-Siswi Level SMP Kelas VII-VIII. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV LA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV LA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Aransemen atau Tata suara musik/lagu adalah kerja modifikasi-kreatif atas suatu karya (musik) yang sudah ada yang meliputi modifikasi instrumental, vokal, atau gabungan keduanya. Aransemen yang dilakukan sering kurang mempertimbangkan perbedaan antara aransemen bebas/umum (sebagai kegiatan apresiatif-estetis) dan aransemen musik sekolah (yang dipakai sebagai wahana pembelajaran). Tingkat kecanggihan dan kesulitan aransemen musik sekolah hendaknya disesuaikan dengan tingkat keluasan wawasan estetis dan tingkat keterampilan instrumental siswa-siswi. Permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana proses penerapan teknik dasar aransemen musik sekolah pada instrumen rekorder soprano dengan lagu model oras loro malirin untuk siswa level SMP. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan teknik dasar aransemen musik. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kerja. Metode kerja yang dipakai adalah metode proyek yang menggarap kerja aransemen sebagai suatu upaya kreatif atas lagu atau nyanyian yang dipilih. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan penelitian studi kepustakaan. Penelitian studi kepustakaan berkaitan erat dengan informasi dari buku-buku, karya ilmiah, internet dan sumber-sumber lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengaransemen lagu oras loro malirin dalam bentuk praktik instrumen musik sekolah dan membahas tentang struktur, bentuk dan harmoni dengan cara menganalisis obyek secara rinci sehingga dapat diketahui langkah-langkah yang terdapat dalam aransemen tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa selama proses mengaransemen sebuah lagu tersebut, peneliti memahami pentingnya sebuah panduan dalam proses mengaransemen sebuah lagu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teori Musik, Harmoni, Teknik Aransemen Musik, Siswa-Siswi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:00
Last Modified: 10 Feb 2021 03:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item