Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Samsung Di Kota Kupang

KAPE, Christina Palmaria (2019) Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Samsung Di Kota Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang bergerak di bidang teknologi informasi di Indonesia saat ini, telah menghasilkan berbagai bentuk alat-alat komunikasi seperti handphone, sehingga terjadi persaingan. Faktor Word of mouth, Daya Tarik Iklan, dan Kelompok Acuan belum maksimal dalam mendongkrak keputusan pembelian handphone. Salah satunya handphone Samsung yang mengalami penurunan top brand pada tahun 2015 dan penjualan pada tahun 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran tentang Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung? 2) Apakah Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan dan Kelompok Acuan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk handphone merek Samsung di Kota Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli handphone Samsung dari 6 counter Samsung di Kota Kupang. Sampel ditentukan dengan indikator dikalikan angka yang ditentukan yaitu, 14x8 sebanyak 112 pembeli. Teknik pengambilan sampel secara aksidental. Pengambilan data menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran kategori variabel Word Of Mouth 84,71 %, variabel Daya Tarik Iklan 85,34% dan variabel Keputusan Pembelian 86,03% kategori sangat baik. Variabel Kelompok Acuan 83,93% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y= 0,460 X1 + 0,533 X2 + 0,176 X3. Uji t menunjukkan variabelmenunjukkan variabel Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan dan Kelompok Acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Koefisien Determinasi = 0,767 atau 76,7%. Artinya, Keputusan Pembelian merupakan kontribusi dari variabel Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, dan Kelompok Acuan sebesar 76,7%, sedangkan sisanya yaitu 23,3% dapat dijelaskan oleh Berdasarkan analisis tersebut Perusahaan hendaknya memperhatikan cara yang tepat untuk menyampaikan pesan secara word of mouth dengan beberapa alternatif, seperti memberikan informasi-informasi terbaru terkait produk seperti perilisan handphone, pembaruan sistem operasi handphone terbaru ataupun lokasi service center yang berkaitan dengan handphone Samsung kepada penerima pesan, menunjukkan manfaat produk handphone Samsung melalui iklan, sehingga menambah pengetahuan handphone Samsung dari kelompok acuan tentang produk handphone Samsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Kelompok Acuan dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 16 Oct 2019 05:21
Last Modified: 16 Oct 2019 05:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item