Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIII D Semester Ganjil SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Kenu, Rosalia Dasilva (2018) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIII D Semester Ganjil SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abtrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran discovery learning materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIII D semester ganjil SMP Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Secara terperinci dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 5 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pemilihan subjek adalah Purposive Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bahan Ajar Peserta Didik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Kisi-kisi Hasil Belajar ( kognitif, afektif, psikomotor ). Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dikategorikan baik, ketuntasan indikator hasil belajar kognitif baik, ketuntasan hasil belajar peserta didik termasuk kategori baik dan respon peserta didik terhadap pelaksanaan termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:42
Last Modified: 10 Sep 2021 03:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item