Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Materi Pokok Pesawat Sederhana Semester Ganjil Pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Sara, Agostinho (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Materi Pokok Pesawat Sederhana Semester Ganjil Pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana peserta didik belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 6 orang peserta didik yang sederajat tapi heterogen, kemampuan, jenis kelamin, suku atau ras dan satu sama lain saling menyumbang pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Setiap kelompok terdiri atas peserta didik yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah serta jenis kelamin yang berbeda. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIID ? secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok Pesawat sederhana? (2) Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? (3) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? (4) Bagaimana ketuntasan Tes Hasil Belajar (THB) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? (5) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok Pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIID. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (3) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (4) Mendeskripsikan ketuntasan Tes Hasil Belajar (THB) peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajara 2018/2019 dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, bahan ajar peserta didik (BAPD), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), kisis-kisi dan tes hasil belajar (THB). Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes, dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), tes hasil belajar (THB), lembar pengamatan keterampilan kooperatif, dan respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi skor rata-rata, persentase, dan proporsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:08
Last Modified: 10 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3897

Actions (login required)

View Item View Item