Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Materi Pokok Pesawat Sederhana Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 3 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

Bokos, Melki (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Materi Pokok Pesawat Sederhana Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 3 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIE semester ganjil SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019? yang secara spesifik dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ? (2) Bagaimana Ketrampilan Kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD? (3) bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD? (4) bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD?(5) bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada peserta didik kelas VIIIE materi pokok pesawat sederhana yang berjumlah 29 peserta didik. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah(1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ;(2) Mendeskripsikan Ketrampilan Kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD?(3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD;(4) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD;(5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik (peneliti) dan peserta didik kelas VIIIE semester ganjil SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 peserta didik. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-kisi Tes Hasil Belajar dan Tes Hasil Belajar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan ketrampilan kooperatif, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan presentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dan pembahasan hasil penelitian, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIE semester ganjil SMP Swasta Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 peserta didik. Secara terperinci diperoleh kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran adalah baik dengan skor masing-masing 3,89; 3,80; 3,88. Indicator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak 13 indikator kognitif, sembilan indikator afektif, dan enam indikator psikomor dengan tiga RPP untuk masing-masing RPP semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi masing-masing 0,83; 0,89; 0,90. Tes Hasil belajar (THB) peserta didik baik dari aspek afektif, psikomotor dan kognitif semuanya tuntas dengan skor masing-masing 0,88; 0,84; 1,00. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang terdiri dari 11 pertanyaaan semuanya baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:13
Last Modified: 10 Sep 2021 03:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item