Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Joni, Gameliana Nastri (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam sebagai suatu disiplin ilmu yang pada hakikatnya merupakan pengetahuan yang berdasarkan fakta dan eksperimen, sehingga dalam proses pembelajarannya siswa dituntut untuk memahami konsep yang ada. Namun kenyataannya kecenderungan pembelajaran IPA di kelas siswa lebih banyak menghafalkan konsep akibatnya sikap, proses dan aplikasi tidak tersentuh dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Salah satu cara alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan kurikulum 2013, yakni dengan menerapkan model Discoery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem gerak pada manusia di SMPN 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Kupang dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII F dan VIII G. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian adalah Non equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptiff untuk manghitung rata-rata hasil belajar dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan statistik inferensial yaitu uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar sebelum mengikuti pembelajaran (pretest) adalah 47,17 dan setelah pembelajaran (posttest) adalah 79,83 dengan N-Gainnya adalah 0,60 berada pada kategori tinggi. Pada kelas kontrol pretesnya 45,83 dan postestnya adalah 74,10 dengan N-Gain 0,54 termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis covarian satu arah (oneway-anacova) model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan nilai signifikasi < taraf signifikan yang ditentukan (0,5) yaitu 0,00 < 0,05. Aktivitas peserta didik terhadap pelaksanaan dengan model Discovery Learning berada pada kategori baik dengan rata-rata reliabilitas adalah 89,68, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning berada pada kategori baik dengan rata-rata relibialitas adalah 95,62. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem gerak pada manusia di SMPN 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Discovery learning, hasil belajar, Sistem gerak pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:28
Last Modified: 10 Sep 2021 05:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3922

Actions (login required)

View Item View Item