Penerapan Teknik Block Chord Melodi Akor Dan Bass Pada Alat Musik Keyboard Dalam Lagu Ave-Ave Melalui Metode Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Keyboard Smpk St. Yoseph Naikoten Kupang

BRIA, Yohanes Fransisco (2018) Penerapan Teknik Block Chord Melodi Akor Dan Bass Pada Alat Musik Keyboard Dalam Lagu Ave-Ave Melalui Metode Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Keyboard Smpk St. Yoseph Naikoten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
File abstrak.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (45kB)

Abstract

SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yaitu kegiatan yang dilaksanakan di luar jam formal sekolah yang salah satunya adalah kegiatan seni musik. Tetapi pengetahuan dalam bidang musik khususnya permainan alat musik keyboard dalam memainkan teknik iringan yang mereka miliki masih terbatas, sehingga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yakni bagaimana upaya penerapan teknik untuk meningkatkan keterampilan memainkan teknik melodi akor dan bass pada alat musik keyboard dalam lagu Ave-ave melalui metode drill bagi siswa-siswi minat keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Adapun tujuan dari penelitian ini adala untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam menerapkan teknik block chord melodi akor dan bass pada alat music keyboard dalam lagu ave-ave melalui metode drill bagi siswa/siswi minat keyboard SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berkaitan dengan buku-buku, jurnal, kamus dan sumber internet. Studi lapangan berkaitan erat dengan perolehan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pola iringan melodi akor dan bass pada alat musik keyboard sangat efektif melalui metode yang diterapkan peneliti yaitu metode drill yang merupakan cara menerapkan hal yang sama secara berulang-ulang yang diawali dengan memperkenalkan unsur musik yang terdiri dari harmoni dan irama atau ritme yang merupakan dasar teori untuk pembelajaran pola iringan melodi akor dan bass pada alat musik keyboard, penjarian tangga nada C dan penjarian trinada C Mayor dan memperkenalkan pola iringan melodi akor dan bass dengan tangan kiri memainkan bass dan tangan kanan memainkan melodi akor kemudian menggabungkan kedua tangan. Setelah itu peneliti membimbing peserta didik untuk memainkan pola iringan melodi akor dan bass dengan mengiringi melodi pokok lagu Ave-ave sambil membaca partitur dengan memperhatikan posisi jari dari peran masing-masing jari dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siswa-siswi minat keyboard, ekstrakurikuler, teknik Block chord, melodi akor dan bass, metode drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:37
Last Modified: 13 Sep 2021 02:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3946

Actions (login required)

View Item View Item