“Upaya Meningkatkan Teknik Artikulasi Vokal Pada Paduan Suara Anak - Anak Sekami Biara OSF Fioretti Penfui Dengan Model Lagu” Tuhan Sumber Gembiraku”Menggunakan Metode Drill”

TUKAN, Maria Lito (2019) “Upaya Meningkatkan Teknik Artikulasi Vokal Pada Paduan Suara Anak - Anak Sekami Biara OSF Fioretti Penfui Dengan Model Lagu” Tuhan Sumber Gembiraku”Menggunakan Metode Drill”. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner (SEKAMI) Biara OSF Fioreti adalah salah satu wujud wajah anak-anak yang memiliki semangat yang tinggi akan tugas dan tanggung jawab sebagai generasi penerus gereja. Salah satu kegiatan yang dilakukan sekami Frioreti adalah paduan suara. Dalam bernyanyi, SEKAMI Biara OSF Fioreti Penfui mereka masih kurang pengetahuan tentang teknik-teknik dalam beryanyi salah satunya yaitu artikulasi, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan teknik artikulasi vokal pada paduan suara anak-anak sekami Biara OSF Frioreti Penfui dengan model lagu “ Tuhan Sumber Gembiraku”dengan menggunakan metode drill. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah guna untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan teknik artikulasi vocal pada paduan suara anak anak sekami Biara OSF Frioreti Penfui dengan model lagu “ Tuhan Sumber Gembiraku”dan menggunakan metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berkaitan dengan buku-buku jurnal dan sumber internet. Studi lapangan berkaitan erat dengan perolehan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya meningkatkan teknik artikulasi vokal pada paduan suara anak-anak Sekami ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal : melakukan perekrutan anak-anak sekami dan menetapkan jadwal latihan. Tahap inti: melakukan proses latihan yang dimulai dengan menjelaskan tentang artikulasi vokal, membagikan teks lagu, membaca teks lagu, melatih etudeetude, melatih bernyanyi secara terus menerus menggunakan kata-kata sambil memperhatikan artikulasi, dan menyanyikan lagu secara keseluruhan dengan artikulasi yang benar. Tahap akhir: pementasan hasil latihan. Kesulitan yang dialami anak-anak sekami dalam latihan dapat diatasi dengan cara memberi latihan secara berulang-ulang hingga mereka dapat beryanyi dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan teknik artikulasi vocal pada paduan suara anak-anak sekami dapat membawa perubahan dan menambah pengetahuan bagi anak-anak sekami dalam bernyanyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekami, Artikulasi Vokal,Paduan Suara, dan Metode Drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:18
Last Modified: 17 Oct 2019 02:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item