Peranan Mehen Suku (Kepala Adat) Dalam Menyelesaikan Kasus Tuen One Kawe Hala (Ingkar Janji Nikah), Pada Masyarakat Adat Lamaholot Di Desa Lamawolo Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur

LEWOKERORE, Hironima Peni Paron (2019) Peranan Mehen Suku (Kepala Adat) Dalam Menyelesaikan Kasus Tuen One Kawe Hala (Ingkar Janji Nikah), Pada Masyarakat Adat Lamaholot Di Desa Lamawolo Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

Eksistensi hukum adat dapat kita lihat hingga saat ini melalui adanya peradilanperadilan adat serta perangkat-perangkat hukum adat yang masih di pertahankan oleh masyarakat hukum adat Indonesia untuk menyelesaikan berbagai persoalan misalnya perkawinan. Dalam melangsungkan perkawinan melalui beberapa tahapan-tahapan pernikahan, terkadang dalam tahapan-tahapan mengalami kegagalan yang diakibatkan dari kedua belah pihak ataupun dari salah satu pihak. Permasalahan atau kasus-kasus yang terjadi sering ditangani melalui system adat di kampung tersebut oleh mehen suku yaitu nama untuk kepala adat yang di percayakan di desa tersebut. Dan masalah ingkar janji nikah ini di selesaiakn oleh mehen suku. Penyelesaian akan berjalan dengan baik jika para pihak melaksankan dan mentaati putusan yang telah di tentukan oleh mehen suku (Kepala adat) tetapi pada kenyataan ada pihak yang melaksanakan dan mengikuti putusan juga ada pihak yang tidak melaksanakan dan mentaati putusan yang telah ditetapkan oleh mehen suku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Peranan Mehen suku (Kepala Adat) dalam menyelesaikan kasus Tuen one kawe hala (ingkar janji nikah), pada masyarakat adat Lamaholot di desa Lamawolo kecamatan ile boleng kabupaten Flores Timur? Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui peranan dari mehen suku (kepala adat) dalam menyelesaikan kasus Tuen one kawe hala (ingkar janji nikah). Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris, dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan kemudian dari data yang ada dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan mehen suku dalam menyelesaikan kasus tuen one kawe hala (ingkar janji nikah), pada masyarakat adat Lamaholot di desa Lamawolo ke tujuh mehen suku sudah dilaksanakan sebagai juru bicara (Pehen Koda) dan perantara dalam menyelesaikan kasus tuen one kawe hala (ingkar janji nikah) yang terjadi di desa Lamawolo ini. Hanya saja masih ada para pihak kasus tuen one kawe hala yang tidak melaksanakan putusan yang diberikan oleh mehen suku (Kepala adat). Berdasarkan uraian hasil penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa penyelesaian adat kasus tuen one kawe hala (ingkar janji nikah) yang dilakukan oleh mehen suku (kepala adat) sudah sesuai dengan aturan adat di desa tersebut, namun pelaksanaan putusan tidak dijalankan karena semua itu tergantung dari para pihak bersengketa apakah mau mengikuti atau tidak, karena tidak juga merugikan orang adat melainkan bagi para pihak tersendiri, pada masa yang akan datang yang berlaku secara turun temurun yaitu sanksi dari leluhur. Oleh karenanya dengan penelitian ini diharapkan agar untuk semua Mehen suku (kepala adat) di setiap suku untuk mempertahankan proses penyelesaian kasus tuen one kawe hala (ingkar janji nikah) dan sanksi adatnya, diharapkan juga proses penyelesaian adat ini harus di pertahankan karena muatan nilai rekonsiliasi perdamainnya sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:58
Last Modified: 17 Oct 2019 02:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item