Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

LALUPANDA, MATELDA ROSLIN (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)

Abstract

perilaku belajar. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antar pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik sebagai akibat perbuatan belajar dan dapat diamati melalui penampilan peserta didik (learner’s performance). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana gambaran Motivasi belajar dan Hasil Belajar dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Adakah pengaruh secara parsial antara Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Adakah pengaruh secara parsial antara Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar kognitif peserta didik materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kels VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019? (4) Adakah pengaruh secara simultan antara Motivasi dan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar kognitif materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan gambaran Motivasi, Pendekatan Kontekstual dan Hasil Belajar materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar kognitif peserta didik secara parsial dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar kognitif peserta didik secara parsial materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kels VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Motivasi dan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar kognitif materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa gambaran motivasi belajar adalah kuat dengan presepsi responden 77.65%, pendekatan kontekstual dengan presepsi reponden 71.3% dan hasil belajar tuntas dengan kategori tinggi serta ketuntasan indikator hasil belajar dengan nilai rata-rata 0,82 dengan kategori tuntas. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar kognitif materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar kognitif materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pendekatan kontekstual, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:49
Last Modified: 16 Sep 2021 01:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item View Item