Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

HABU, YULITA (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (45kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelolah proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam pembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (4) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran2018/2019. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran2018/2019. yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Sedangkan, instrumen yang digunakan dalampenelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (produk, afektif dan psikomotor), Lembar Pengamatan Keterampilan Kooperatif Peserta Didik, dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang meliputiperhitunganskorrata-rata,proporsidanpersentase. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang diterapkan pada materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. yang berjumlah 30 orang adalah optimal yakni (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada tahap perencanaan pembelajaran dengan skor total rata-rata 4,00, tahap pelaksanaan pembelajaran skor rata-rata 3,93, tahap evaluasi pembelajaran skor rata-rata 4,00. (2) ketuntasan indikator hasil belajar kognitif skor rata-rata 0,90, ketuntasan indikator hasil belajar afektif 0,90, ketuntasan indikator hasil belar psikomotor skor rata- rata 0,83. (3) ketuntasan tes hasil belajar kognitif skor rata-rata 0,64, ketuntasan tes hasil belajar afektif skor rata-rata 1,00, ketuntasan tes hasil belajar psikomotor skor rata-rata 0,89. (4) respon peserta didik skor rata-rata 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Kalor dan Perpindahannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:11
Last Modified: 16 Sep 2021 02:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4006

Actions (login required)

View Item View Item