Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions ) Materi Pokok Listrik Dinamis Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/ 2019

Tafuli, Yusak Y. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions ) Materi Pokok Listrik Dinamis Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak- lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V''.pdf

Download (71kB)

Abstract

Untuk memotivasi peserta didik supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain untuk menguasai pelajaran yang diajarkan oleh guru. Slain itu juga, model pembelajaran ini dapat mengembangkan cara belajar peserta didik untuk aktif dan mandiri, berklaborasi dengan teman lain, dan bersaing dalam prestasi. Dengan belajar secara kelompok dan individu, peserta didik akan terlatih untuk berpikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi. Kebiasaan ini akan ditransfer dalam kehidupan bermasyarakat. Masalah- masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? 2) Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? 3) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? 4) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran koopertaif tipe STAD? 5) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik (peneliti) dan peserta didik kelas IX SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 peserta didik. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-kisi Hasil Belajar ( kognitif, afektif, psikomotor). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan presentase. Hasil analisis deskriptif di atas menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IX SMP Ki Hajar Dewantoro Kupang terlaksana dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD; Kemampuan Guru; Keterampilan kooperatif: Ketuntasan Indikator; Ketuntasan Hasil Belajar; Respon Peserta Didik; Listrik dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:38
Last Modified: 16 Sep 2021 02:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item