Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pengukuran Pada Peserta Didik Kelas XB Semester Ganjil Sma Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Nahak, Selestina Luruk (2018) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pengukuran Pada Peserta Didik Kelas XB Semester Ganjil Sma Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)

Abstract

Model pembelajaran Discovery Learning merupakan suatu model untuk mengembangkan Cara Belajar Peerta didik Aktif (CBSA) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Dengan belajar penemuan, peserta didik bisa belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri masalah yang dihadapi. Kebiasaan ini akan ditranfer dalam kehidupan bermasyarakat . Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok pengukuran pada peserta didik kelas XB semester ganjil SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Yang secara spesifik dapat dirumuskan sebagai beikut: 1) bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok pengukuran pada peserta didik kelas XB Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? 2) bagaimana ketuntasan indikator Hasil Belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Leaning materi pokok pengukuran pada peserta didik kelas XB Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? 3) bagaimana ketuntasan hasil belajar fisika dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok pengukuran pada peserta didik kelas XB Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? 4) bagaiamana respon peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok pengukuran pada peserta didik kelas XB Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas XB semester ganjil SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan dan penilaian pengelolaan pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi), tes hasil belajar kognitif, lembar penilaian hasil belajar afektif, lembar penilaian hasil belajar psikomotor, dan lembar isian respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa penerapan penerapan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok pengukuran pada peserta didik kelas XB semester ganjil SMA Kristen 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019 adalah optimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:56
Last Modified: 16 Sep 2021 02:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item