Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII DI SMPK Sta. Familia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Biabi, Maria Rosario (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII DI SMPK Sta. Familia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (390kB)

Abstract

Pendidikan bukanlah sesuatu yang statis melainkan sesuatu yang dinamis sehingga menuntut adanya suatu perbaikan yang terus menerus. Pola pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat peserta didik sulit memahami materi yang diajarkan. Beberapa masalah umum yang ditemukan peneliti pada saat melakukan proses PPL yang paling mencolok adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dan kurangnya keaktifan peserta didik yang juga berkaitan dengan keterampilan proses sains pada peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPK Sta Familia Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian pra-tes pasca-tes dengan kelompok pengendali tidak diacak. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Sta. Familia Kupang. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti menentukan sendiri sampel yang akan diamati dengan pertimbangan atau tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan : Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMPK Sta. Familia Kupang tahun ajaran 2018/2019. dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0.05, keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki ketercapaian yang lebih baik daripada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Adanya peningkatan pada aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan model pembelajaran langsung serta kemampuan guru yang meningkat pada kelas ekperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII di SMPK Sta. Familia Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Purposive Sampling, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:55
Last Modified: 16 Sep 2021 03:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item View Item