Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Nahi, Yohana Golinsia (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Eksistensi pendidikan merupakan hal yang urgen dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang baik dalam keluarga, masyarakat dan negara. Kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh adanya pendidikan. Pembelajaran Biologi adalah pembelajaran tentang makhluk hidup dan lingkungannya yang umumnya merupakan benda atau gejala alam yang keberadaannya atau kejadiannya dapat diamati dengan indera. Hal itu berarti melatih peserta didik menggali fakta melalui pengamatan untuk menemukan masalah, sehingga tertantang untuk mencari jawaban melalui eksperimen yang akhirnya diperoleh pengetahuan. Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda, manusia atau peristiwa) secara sistematis dalam mengamati gambar, kritis dalam memberikan pertanyaan, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan metode Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. Data pretest dan posttest menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan hasil analisis dilakukan covarian satu arah (oneway-anacova) dengan bantuan SPSS versi 16,0 menunjukkan bahwa data hasil analisis one way-anacova memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,014 maka nilai yang telah diuji lebih kecil dari nilai apa yang ditetapkan yaitu 0,05. Berdasarkan data hasil analisis kemampuan guru dalam mengelolah kelas dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh rata-rata nilai reabilitas adalah 94%., sedangkan dalam model pembelajaran langsung dengan rata-rata nilai reabilitas 92%. Pada proses pembelajaran peserta didik sangat aktif dan bersemangat dilihat dari hasil analisis data aktivitas peserta didik dengan rata-rata nilai reabilitas adalah 93% pada model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung dengan rata-rata nilai realibilitas aktivitas peserta didik adalah 88%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:04
Last Modified: 16 Sep 2021 04:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4022

Actions (login required)

View Item View Item