Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Angga, Frnasiskus (2018) Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01 File Abstrak.pdf

Download (390kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (185kB)

Abstract

Hasil belajar dapat menunjukkan kualitas pembelajaran di suatu sekolah, bahkan dapat menujukkan kualitas pendidikan di suatu negara. Hasil belajar yang diperoleh selama ini, baik di tingkat kelas, sekolah hingga tingkat nasional masih jauh dari standar dan target yang ditentukan. Salah satu faktor yang berkaitan dengan hasil belajar peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis dalam suatu pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar, dibutuhkan model pembelajaran yang cocok sehingga dapat menjadi sarana memberdayakan kemampuan berpikir kritis tersebut. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi syarat tersebut adalah model discovery learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik serta besaran sumbangan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik melalui penerapan model discovery learning di SMPN 5 kota Kupang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian korelasional. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Kota Kupang. Sampelnya adalah peserta didik kelas VIII C SMPN 5 Kota Kupang yang terdiri dari 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat tes, rubrik kemampuan berpikir kritis dan rubrik hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis inferensial menggunakan analisis Regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 16,347 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 ( p<0,05 ) sehingga H0 ditolak. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa melalui penerapan model discovery learning, kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 40,5% dengan koefisien korelasi sebesar 0,637. Nilai ini menunjukan bahwa hubungan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar berada pada kategori kuat. Adapun persamaan regresinya adalah Y= 0,131 + 0,570X. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1). Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model discovery learning. 2). Kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 40,5% melalui penerapan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis,Hasil belajar dan Discovery learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:26
Last Modified: 16 Sep 2021 04:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item