Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Lambung, Yuliana Arista (2018) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang. Alasannya di NTT atau Daerah Kabupaten dan atau kota di lingkup wilayah NTT, hampir kebanyakan peserta didik berasal dari keluarga ekonomi menengah kebawah. Selain itu di sekolah- sekolah pada berbagai level atau tingkatan juga memiliki ketersediaan daya dukung pembelajaran yang terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol.Teknik pengambi lan sampel adalah melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data ad alah melalui observasi dan test. Analisis data adalah melalui statistik deskripstif dan inferensial yaitu melalui uji anakova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen discovery learning pretes 30 dan postest 78,125, N - Gain 0,71 termasuk kategori tinggi; sedangkan pada kelas control yang menerapkan model pembelajaran langsung rata - rata pretest 31,875 dan postest 69,90 N - gain 0,53 termasuk kategori sedang. Hasil uji anacova di peroleh hasil sigmanya 0,001 ≤ 0,0 5, yang menyatakan hipotesis nol ditolak, dan Ha diterima artinya bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di SMP Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model discovery learning, hasil belajar peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:47
Last Modified: 16 Sep 2021 04:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4028

Actions (login required)

View Item View Item