Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII DI SMPK St Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Djami, Winda L. L. (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII DI SMPK St Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)

Abstract

Discovery merupakan sebuah model pengajaran yang dirancaang dengan tujuan memecahkan masalah kehidupan sehari hari akan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar sisw kelas VII di SMPK ST. YOSEPH Naikoten Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Desain penelitiannya non equivalent pretes-postes control grup desain. Data yang di kumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan menggunakan analisis deskripstif,analisis inferensial,dan anlisis of covariance one way. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes hasil belajar yang diperoleh dari kisi-kisi soal dan dilakukan sebelum pembelajaran (pretest) dan sesudah pembelajaran (posttest), selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik anacova satu arah (one way-anacova) dengan bantuan SPSS versi 16,0 tujuannya untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa. Dari data hasil analisis di atas ada pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery terhdap hasil belajar peserta didik , hal ini dilihat dari hasil nilai signifikan 0,01> dari nilai signifikan yang telah di tetapkan yaitu 0,05. . Dengan demikian, H0 yang menyatakan “Tidak ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar siswa siswa kelas VII A SMPK St.Yoseph Naikoten Kupang pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup tahun ajaran 20018/2019” ditolak dan konsekuensinya H1 yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Discovery dan Pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VII C SMPK St.Yoseph Naikoten Kupang pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup tahun ajaran 20018/2019” diterima. Simpulan penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPK ST.YOSEPH NAIKOTEN Kupang tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:08
Last Modified: 21 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4039

Actions (login required)

View Item View Item