Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Tahun, Edwin Donaldo Devis (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01abstrak-daftar isi.pdf

Download (264kB)
[img] Text
02bab 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
03bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
04bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
05bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
06bab 5.pdf

Download (168kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang diduga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah adalah penggunan model pembelajaran yang belum bisa melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajan serta belum bisa menumbuhkan motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran yang pada akhirnya berimbas pada hasil belajar peserta didik. Hal itu dikarenakan kurang maksimalanya aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan atas permasalahan diatas adalah dengan menerapkan model discovery learning. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pra-test pasca- test dengan kelompok pengendali tidak diacak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model discovery learning yaitu dari 53,33% naik menjadi 87,66%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik hal ini dilihat dari signifikan 0,000> dari signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Hasil Pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam pembelajaran pada kelas VIII F dengan menerapkan model discovery learning diperoleh nilai reliabilitas 93,62%. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning pada kelas VIII F diperoleh nilai reliabilitas sebesar 97,74%. Kesimpulan dalam penelitian ini, terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Hasil belajar, Discovery learning, Peserta didik, Materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:50
Last Modified: 17 Sep 2021 04:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4047

Actions (login required)

View Item View Item