Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

TEIXEIRA, LEWI HERLINDA (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)

Abstract

Berdasarkan observari yang dilakukan di SMP Angkasa Kupang ditemukan beberapa masalah yang timbul yaitu selama proses pembelajaran peserta didik cenderung pasaif, kurang percaya diri dalam bertanya atau memberi pendapat jika materi kurang paham. Salah satu model pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian pratest dan pascatest dengan kelompok pengendali tidak diacak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest dan posttest, teknik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif dan analisis secara stastik dan juga menggunakan uji anacova. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B, dimana peserta didik kelas VIII A diberikan model discovery learning dan peserta didik kelas VIII B diberikan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian dengan menggunakan model discovery learning dan pembelajaran langsung pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2018/2019 menunjukkan rerata ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan model discovery learning yaitu sebesar 42,29 meningkat menjadi 85,20. Sementara itu, pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung mengalami sedikit peningkatan yaitu 40,83 menjadi 79,79. Hasil uji N-Gain menunjukan bahwa rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dikategorikan tinggi sedangkan rata-rata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,67dikategorikan sedang. Data hasil belajar peserta didik tersebut berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada model discovery learning dan model pembelajaran langsung (sig. > 0,05), tidak ada perbedaan varian antar kelompok data sehingga data variabel terikat dinyatakan homogen (sig. > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:55
Last Modified: 17 Sep 2021 04:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4053

Actions (login required)

View Item View Item