Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 10 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Mbebhu, Wilhelmina (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 10 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Dari sisi peserta didik, hasil belajar merupakan berakhirnya pembelajaran dari puncak proses belajar. Nusa Tenggara Timur juga tergolong rendah di akibatkan oleh karena minimnya sarana dan prasarana pendukung serta pengetahuan guru tentang pembelajaran inovatif masih rendah dalam kegiatan pembelajaran. Begitu pula yan gterjadi di SMP Negeri 10 Kota Kupang dimana selama melakukan observasi dan wawancara penulis menemukan hasil bahwa kurang mendapat perhatian yang baik dari peserta didik dimana hasil belajar peserta didik di sekolah tersebut rendah, hal ini di buktikan dengan nilai rata-rata ulangan harian peserta didik rendah atau tidak mecapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah model pembelajaran discovery. Model Pembelajaran Discovery mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan, Serta posisi guru di kelas sebagai pembimbing dan mengarahkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar Peserta didik kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau kuasi eksperimen Desain penelitian adalah desai pra-test- pasca-test dengan kelompok pengendali tidak diacak. Data dikumpul melalui observasi dan tes.teknik analisis data menggunakan analisid deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penlitian menunjukan bahwa nilai hasil belajar peserta didik pada model pembelajaran discovery nilai F hitung adalah sebesar 18,924 dengan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 hal tersebut menujukan bahwa hipotesis Ho ditolak artinya bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMPN 10 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dan hipotesis penelitian Ha diterima. Artinya bahwa ada pengaruh model pembelajran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMPN 10 Kupangtahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 17 Sep 2021 05:00
Last Modified: 17 Sep 2021 05:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4055

Actions (login required)

View Item View Item