Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Adnan, Soraya Nurul Y. (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian ditemukan beberapa masalah yaitu rendahnya hasil belajar IPA Terpadu peserta didik. Hal tersebut dikarenakan ada guru (baik itu guru mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lainnya) walaupun dalam RPP yang disusun menggunakan model pembelajaran yang inofatif namun dalam pelaksanaannya lebih dominan menggunakan model pembelajaran langsung. Salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah ini dengan menerapkan pembelajaran inovatif sehingga tercapainya standar proses pembelajaran. Peneliti menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP SMP Negeri 10 Kupang pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII J dan kelas VIII K. Teknik pengumpulan data melalui test dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis kemampuan guru dan aktivitas peserta didik, dan statistik inferensial yaitu uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model Problem Based Learning rata-rata pretest 39,13 dan posttest 81,03, N-Gain 0,75 termasuk kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung rata-rata pretest 45,85 dan postest 75,51, N-Gain 0,43 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signikansinya 0,001 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak yaitu tidak ada Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Ha diterima, artinya ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang pada Materi pokok Sistem pencernaan makanan pada manusia Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Problem Based Learning, hasil belajar peserta didik, sistem pencernaan makanan pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 17 Sep 2021 05:03
Last Modified: 17 Sep 2021 05:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item