Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Team Assisted Individualisation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Surya Mandala Kupang Pada Materi Pokoksistem Pernapasan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019

Mehen, Alfonsius Tonga (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Team Assisted Individualisation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Surya Mandala Kupang Pada Materi Pokoksistem Pernapasan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah dalam kenyataan lapangan menunjukan bahwa banyak siswa kurang berkonsentrasi dan siswa tidak terlibat aktif saat pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu salah satu alternatif untuk mengantisipasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Team Assisted Individualization. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Surya Mandala Kupang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas (VIII A) berjumlah sebanyak 20 orang yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatan Team Assisted Individualization dan kelas (VIII B) berjumlah sebanyak 20 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatan Team Assisted Individualization. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada model Team Assisted Individualization nilai F hitung adalah sebesar 35.044 dengan nilai signifikan 0,002 atau lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak artinya bahwa tidak ada pengaruh model Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelasVIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Surya Mandala kupang tahun ajaran 2018/2019 dan hipotesis Ha ditrima artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model Team Assisted Individualization dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Surya Mandala kupang tahun ajaran 2018/2019. Dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,002 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model pendekatan Team Assisted Individualization, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:40
Last Modified: 20 Sep 2021 05:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item