Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Pada Materi Pokok Rangka Dan Otot Tahun Ajaran 2018/2019

Beis, Rusli Asridon (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Pada Materi Pokok Rangka Dan Otot Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)

Abstract

Model pembelajaran Discovery merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran Discovery dalam penelitian ini di terapkan pada materi rangka dan manusia. Masalah pokok pada penelitian ini adalah siswa kurang aktif bertanya, dan sebagian besar siswa masih lemah dalam hal berpikir, dan kurangnya kerja sama dalam kelompok, situasi kelas sebagian besar masih berfokus pada guru sebagai sumber utama ilmu atau pengetahuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Pada Materi Pokok Rangka Dan Otot Tahun Ajaran 2018/2019 Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII. SMP Negeri 5 Kota Kupang dan sampel Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas H sebagai kelas Experimen dan siswa kelas I sebagai kelas Kontrol dengan teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan penentuan sampel di tentuan atas dasar pertimbangan oleh peneliti itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian quasi experiment atau eksperimen semu.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 81,5 dan ketutantasan pada kelas control 81,1. ketuntasan klasikal 80 %. Rerata ketuntasan aktifitas siswa dalam pembelajaran pada kelas eksperimen 78,3 dan pada kelas kontrol 78,7. Rerata ketuntasan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajran 4 (baik). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Pada Materi Pokok Rangka Dan Otot Tahun Ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:30
Last Modified: 20 Sep 2021 05:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item