Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernanan Makanan Pada Manusia Di SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Soinbala, Danti Sarci (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernanan Makanan Pada Manusia Di SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan produk evaluasi yang dihasilkan untuk melihat apakah terdapat perubahan atau tidak pada diri peserta didik, atau berhasil atau tidaknya pembelajaran yang telah dilaksanakan. permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru dirasa belum membekali peserta didik dalam pemecahan masalah sehingga peserta didik kesulitan untuk menerapkan konsep yang mereka dapat di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model ProblemBasedLearning(PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIIIPada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 12 Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment(Eksperiment Semu).Desain penelitian yang digunakanNonequivalentPtetest-PosttestControl Grup.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII E sebagai kelas eksperimen, kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis datamenggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model problem based learning yaitudari 42,03 naik menjadi 82,40 pada postest, N-gain 0,7 termasuk kategori tinggi,Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung yaitudari 37,59naik menjadi 76,11 pada postest dan N-gainnya 0,6 termasuk kategori tinggi.2). Hasil uji anacova satu arah (one way-anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,001 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian H1yang mengatakan “Ada pengaruh penerapan Model Problem Based Learningterhadap hasil belajar peserta didik kelas VIIIdi SMPN 12 Kupang pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia Tahun Ajaran 2018/2019”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Problem Based Learningterhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, ModelProblem Based Learning, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:04
Last Modified: 20 Sep 2021 05:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item View Item