Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Mailani, Nofento (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
file abstrak pdf.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I pdf.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB II pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB III pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf

Download (25kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik baik bersifat pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) maupun keterampilan (psikomotor) yang semuanya ini diperoleh melalui proses belajar mengajar. Rendahnya hasil belajar peserta didik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor peserta didik itu sendiri dan faktor luar seperti penggunaan model pembelajaran dalam suatu pembelajaran. salah satu model pembelajaran adalah model problem based learning. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk aktif dan mandiri dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah melalui pencarian data sehingga diperoleh solusi dengan rasional dan autentik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 5 Kupang Tahun ajaran 2018/2019. Jenis rancangan penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Kupang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D dan kelas VIII E. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik naik setelah diterapkan model Problem based learning mencapai 31,17% dilihat dari rata-rata pretest adalah 48,5 dan rata-rata posttest adalah 79,67. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung naik mencapai 23,33% dilihat dari rata-rata pretestnya adalah 47% dan posttestnya 70,33%, hasil uji anacova satu arah (one way-anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,04 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05dengan demikian Ha yang mengatakan “Ada pengaruh penerapan model Problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 5 Kupang tahun ajaran 20182019. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. Dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,004 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,005

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:51
Last Modified: 20 Sep 2021 04:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4069

Actions (login required)

View Item View Item