Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Mali, Emilia (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
KOFER.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (474kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Salah satu keberhasilan siswa dalam belajarnya dapat dilihat dari prestasi akademik. Prestasi akademik terukur dari tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM). Faktanya masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai KKM yang ditetapkan sekolah. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan guru sehingga membuat siswa jenuh dan acuh dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan dalam proses pembelajaran, siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah ini adalah model Discovery learning. Model ini diyakini dapat membelajarkan siswa untuk terlibat aktif secara langsung dalam proses pembelajaran karena siswa akan dibimbing dan dituntut untuk mencari dan menemukan sendiri masalah atau soal yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada tumbuhan di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Desain penelitiannya Nonequivalent pretest-posttest control group. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian rerata-rata setelah diberi perlakuan model discovery learning dan model pembelajaran langsung menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dimana untuk model discovery learning yaitu dari 39,8 naik menjadi 81,6 Sedangkan rerata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas yang menerapkan pembelajaran langsung yaitu dari 42,4 naik menjadi 77,4 dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model Discovery learning terhadap hasil belajar siswa dengan hasil analisis nilai F hitung dari kedua model pembelajaran adalah sebesar 18.097 dengan nilai singnifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Dengan selisih hasil belajar siswa pada kelas eksperimen nilai rata-ratanya adalah 0,7061 termasuk kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 0,0318 termasuk kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada tumbuhan di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ada Pengaruh penerapan Model Discovery Learning, Hasil belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:27
Last Modified: 20 Sep 2021 04:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item