Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Pokok Struktur & Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Pagarian, Agustinus S. (2017) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Pokok Struktur & Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang rendah. Selain itu ,kemampuan guru yang belum bisa menerapkan suatu model atau strategi atau metode secara maksimal dalam proses pembelajaran biologi sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Pokok Struktur & Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan desain peenelitian Non Equivalent Pretest- Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaituObservasi dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan model discovery learning memperoleh rata-rata nilai pretest61,37 dan rata-rata nilai posttest 76,55. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang menerapkan model pembejaran langsung memperoleh rata-rata nilai pretest 60 dan rata-rata nilai posttest 71,25. Rata-rata aktivitas peserta didik pada kelas yang menerapkan model discovery learning yaitu81,68 dan rata-rata aktivitas peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung yaitu 75,92. Sedangkan rata-rata kemampuan guru pada penerapan model discovery learning yaitu 95,40 dan rata-rata kemampuan guru yang menerapakan model pembelajaran langsung yaitu 92,78. Kesimpulannya, ada pengaruh penerapan model Discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi pokok struktur & fungsi jaringan tumbuhan di SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019. Karena dari data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar peserta didik memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,000 nilai ini lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05, sedangkan nilai kelasnya sebesar 0,003 nilai ini lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05. Hal ini didukung aktivitas peserta didik dan kemampuan guru dalam mengolah proses pemebelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model DiscoveryLearning,Hasil Belajar Peserta Didik, Materi Pokok Struktur & Fungsi Jaringan Tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 00:45
Last Modified: 20 Sep 2021 00:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item View Item