Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Atasoge, Yohanes Baptista (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khusus Biologi. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan kata lain siswa yang memiliki peran aktif dalam proses pembelajaran, disini peneliti menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C, dimana siswa kelas VIII B diberikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan siswa kelas VIII C diberikan Pembelajaran Langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Pra Test-Pasca Tes dengan kelompok pengendali tidak di acak dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan data secara deskriptif dan inferensial dimana menggunakan one-way-ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing yaitu 77,71 (tuntas), skor rata- rata aktivitas siswa yaitu 86,01 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 95,24 (baik) sedangkan rerata ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Langsung yaitu 72,60 (tidak tuntas), skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 82,64 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 97,08 (baik). Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa terlihat dari uji anacova yaitu dengan nilai sig. untuk kelas sebesar 0,002. Karena nilai signifikansi yang diperoleh dibawah 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Sta Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 00:49
Last Modified: 20 Sep 2021 00:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item