Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadaphasil Belajar Peserta Didikkelas Viimateri Pokok Klasifikasi Makhluk hidup Di SMPK Sta.Theresia kupang Tahun Ajaran 2018/2019

REGO, Agripina R.Do (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadaphasil Belajar Peserta Didikkelas Viimateri Pokok Klasifikasi Makhluk hidup Di SMPK Sta.Theresia kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)

Abstract

Pentingnya pendidikan maka, pemerintah dalam hal ini Depdiknas telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan.Misalnya pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pelajaran, pengadaan dan penyempurnaan sarana dan prasarana belajardan berbagai usaha yang mengarah pada pencapaian hasil pengajaran/pendidikan secara maksimal.Namun pada kenyataannya masih banyak permasalahan yang muncul di bidang pendidikan, Dimana rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah penerapan model Problem Based Learning(PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK Sta.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.Jenis penelitian yang digunkan yaitu quasi eksperimen.Desain penelitian yang digunakan adalahNonequivalentPretest-Posttest Control Group Design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis inferensial, dan analisis kovariat (anakova).Hasil penelitian rerata menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) yakni 80,2 sedangkan pembelajaran langsung 76,5. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan modelProblem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dengan hasil analisis nilai F hitung dari kedua model pembelajaran adalah sebesar 8.053 dengan nilai singnifikansi 0,007 atau lebih kecil dari 0,05.Dengan nilai rerata hasil belajar siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) secara signifikansi lebih tinggi yaitu 81,204% jika dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yaitu 76,586%.Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL)dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPK St.tahun ajaran 2018/2019, dan ada perbedaan nilai hasil belajar antar dua kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Prblem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 18 Oct 2019 00:58
Last Modified: 18 Oct 2019 00:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item