Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Cahaya Pada Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 3 Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2017/ 2018

Tadu, Ingrid Robo (2018) Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Cahaya Pada Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 3 Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan suatu proses pembelajaran yaitu belajar dan mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat agar peserta didik mudah memahami dan mengingat apa yang dipelajari. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kupang ssemester genap tahun ajaran 2017/2018? Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan Guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual materi Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018? 3) Bagaimana ketuntasan Hasil Belajar (HB) dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendekripsikan hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Kupang semester genap tahun ajaaran 2017/2018. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan Guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang Semester Genap tahun ajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan ketuntasan Hasil Belajar (HB) dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok Cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMPN 3 Kota Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Kupang yang berjumblah 29 orang. Teknik yang digunakan dalam menentukan subyek penelitian adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar peserta didik, lembar kerja peserta didik. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran pendekatan kontekstual, tes hasil belajar peserta didik, lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan kontekstual materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Kupang semester genap tahun ajaran 2017/2018 adalah optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual, cahaya, deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:08
Last Modified: 20 Sep 2021 01:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item