Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Makhluk Hidup Dan Benda Di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

SERLIANTI, ANGELIA (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Makhluk Hidup Dan Benda Di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
FILE BAB 1 .pdf

Download (29kB)
[img] Text
FILE BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
FILE BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (23kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang berinteraksi dengan guru maupun dengan teman sekelasnya. Selain itu, guru merasa kesulitan dalam menentukan strategi belajar sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif dan efisien Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Gearak pada Makhluk Hidup dan Benda di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kelas VIII G yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian non equivalent pretest- posttest Control Grup Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah tes hasil belajar dan observasi. Hasil belajar siswa sebelum tes dan setelah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) masing-masing adalah 52,67 dan 81,5. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum tes dan setelah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) masing-masing adalah 48,83 dan 76,17. Rata-rata aktivitas siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Team Assisted Individualization 95,49 dan 90,95 sedangkan rata- rata kemampuan guru pada pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Team Assisted Individualization masing-masing 97,38 dan 95,2. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe NHT, Tipe TAI,Materi Pokok Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:18
Last Modified: 20 Sep 2021 01:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4096

Actions (login required)

View Item View Item