Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMP Pancasila Mukun, Manggarai Timur Tahun Ajaran 2017/ 2018

Jangga, Ivo Linsi (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMP Pancasila Mukun, Manggarai Timur Tahun Ajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru telah melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa tetapi masih kurang dalam pelaksanaanya. Pembelajaran yang terjadi di kelas selalu mengejar target agar materi selesai lebih cepat karena lebih banyak mengerjakan pencapaian administrasi sekolah dari pada pembelajaran yang menyenangkan siswa. Siswa kurang dilatih untuk melakukan pemecahan masalah pempelajaran dalam kelompok tetapi lebih sering untuk bermain, sehingga siswa dalam pembelajaran kurang termotivasi untuk berpikir tingkat tinggi. Siswa lebih sering untuk menghafal materi pembelajaran dan tidak memahami apa yang mereka belajar. Salah satu cara alternatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Jigsaw.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Jigsaw terhadap hasil belajar ipa biologi siswa kelas VIII materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPPancasila Mukun Manggarai Timur tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pancasila MukunTahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswakelas VIII a dan Kelas VIII b. Hasil penelitian menunjukkan: 1)rerata ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan tipe Numbered Heads Together yaitu 52,75 meningkat menjadi 77,25. 2).Sementara itu, rerata ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan tipe Jigsaw yaitu 51,25 meningkat menjadi 73,25. 3).Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang pembelajarannya mendapat perlakuan tipe Numbered Heads Together dan peserta didik yang pembelajarannya mendapat perlakuan tipe Jigsaw Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t Independent sample t-test dengan nilai t hitung 2.421 > t table 2.021 dengan taraf signifikan 5%. tingkat reliabilitas untuk kelas eksperimen sebesar 93,59 % dan untuk kelas kontrol reliabilitasnya sebesar 89,92 %. Hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas dengan menerapkan tipe NHT dan tipe Jigsaw menunjukan skor rata-rata reliabilitas instrumen pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan tipe Numbered Heads Together sebesar 98,27 % dan tipe Jigsaw sebesar 97,06 % termasuk dalam kategori baik. Hal ini menyimpulkan bahwa guru mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipeJigsawdalam pembelajaran Biologi materi pokok sistem gerak pada manusia. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Siswa kelas VIII SMP Pancasila Mukun materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, penerapan, Tipe Numbered Heads Together, Tipe Jigsaw, hasil belajar peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:27
Last Modified: 20 Sep 2021 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item