Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII SMAN 5 Kupang Pada Materi Pokok Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Tahun Ajaran 2017 /2018

Hayon, Agata Flaviana Kelogo (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII SMAN 5 Kupang Pada Materi Pokok Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Tahun Ajaran 2017 /2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)

Abstract

Masalah pokok pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa di SMAN 5 Kupang masih rendah dan belum menunjukkan hasil belajar sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas XII materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIIC Semester I SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen, dan mengacu pada one-group-pretest-posttest-desigen. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan observasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata ketuntasan siswa 87.09 (tuntas) dan rerata klasikal 96,77 % (tuntas). Rerata proporsi indikator pembelajaran 0,88 (tuntas) dan rerata sensivitas butir soal 0,25 (sensitif). Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik, rerata reliabilitas instrumen pengamatan guru 98,69 (baik) dan rerata reliabilitas instrumen pengamatan aktivitas siswa 98,69 (baik). Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/ 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran kooperatif, Pendekatan NHT, Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:31
Last Modified: 20 Sep 2021 01:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4098

Actions (login required)

View Item View Item