Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Manehat, Maria Merliana Irene (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yangdapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan ketrampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Adapun permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas cenderung berpusat pada pemberian materi secara langsung sehingga peserta didik menjadi kurang optimal dalam mengembangkan keterampilan berpikir. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan ini adalah dengan menggunakan penerapan model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Discovery Learning yaitu dari 42,14 naik menjadi 82,32 sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 40,18. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung yaitu dari 37,68 naik menjadi 75,54 peningkatan nilai sebesar 37,86. 2). Hasil uji anacova satu arah (one way- anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,001 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian H1 yang mengatakan “Ada pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, ModelDiscovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:36
Last Modified: 20 Sep 2021 01:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item