Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas (Aptitude ) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

BETE, Flaviana (2018) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas (Aptitude ) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I innha.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II innha.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB III innha.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV innha.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB V innha.pdf

Download (200kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan pada pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai atau dilakukan. Kreativitas (aptitude) adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang ada. Pendekatan Inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok laju reaksi, mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (Apptitude) peserta didik, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas (Apptitude) dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar kimia, mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas (Apptitude) serta pengaruh keduanya terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok laju reaksi peserta didik Kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing efektif yakni a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,83. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi keempat aspek : (KI-1) tuntas dengan nilai 0,88, (KI-2) tuntas dengan nilai 0,88. (KI-3) tuntas dengan nilai 0,92, (KI-4) tuntas dengan nilai 0.85. c) Ketuntasan hasil belajar meliputi : Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 87,83, KI-2 sebesar 89, KI-3 sebesar 89,09, KI-4 sebesar 83.53. (2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori kemampuan berpikir kritis yang sangat tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 81,43%. (3) kreativitas (Apptitude) peserta didik kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori istimewa dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 83%. (4) a,b,c) Ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas (Apptitude) dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar dalam menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing yang ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,934, 0,865 dan 0,937. (5) a,b,c) Ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas (Apptitude) dan pengaruh keduanya terhadap hasil belajar dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok laju reaksi SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi bertutut-turut sebagai berikut: Ŷ=46,54 + 0,5016, Ŷ= 56,913+ 0,367, Ŷ= 47,826 + 0,4203(X1) + 0,06434(X2). Dengan melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (apptitude) peserta didik serta pendekatan inkuiri terbimbing ada hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana kemampuan berpikir kritis dan kreativitas (Apptitude) seorang peserta didik dengan didukung pendekatan inkuiri terbimbing sehingga hasil belajar yang dicapai bisa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir ktitis, Kreativitas (aptitude), Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:16
Last Modified: 19 Nov 2020 01:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4105

Actions (login required)

View Item View Item