Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

Lamahoda, Mariana (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak (halaman judul sampai dengan daftar tabel).pdf

Download (392kB)
[img] Text
File Bab I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
File Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
File Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
File Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
File Bab V.pdf

Download (149kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini di terapkan pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Masalah pokok pada penelitian ini adalah siswa kurang aktif bertanya, dan sebagian besar siswa masih lemah dalam hal berpikir, dan kurangnya kerja sama dalam kelompok, situasi kelas sebagian besar masih berfokus pada guru sebagai sumber utama ilmu atau pengetahuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Surya Mandala Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian one-group pretes-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa 77,5 dan ketuntasan klasikal 80 %. Rerata ketuntasan proporsi indikator 0,81, dan rerata sensitivitas butir soal 0,32 ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata ketuntasan reliabilitas instrumen aktivitas 96,85 dan rerata ketuntasan pengelolaaan pembelajaran oleh guru 3,85 dengan rerata ketuntasan reliabilitasnya adalah 94,97. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Team Assisted Individualization, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:00
Last Modified: 20 Sep 2021 02:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item