Penerapan Model Problem Based Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIII I SMP Negeri 13 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Ndaparoka, Daud Umbu Sangedi (2018) Penerapan Model Problem Based Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIII I SMP Negeri 13 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)

Abstract

Pembelajaran Problem Based Learning adalah pembelajaran yang berdasarkan pada masalah-masalah nyata yang ada disekitar peserta didik sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga peserta didik mampu untuk berpikir secara kritis untuk menyelesaikan setiap masalah tersebut. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) materi pokok Pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIII I SMPN 13 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Hasil penerapan model Problem Based Learning yang dimaksud terdiri dari 4 bagian yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, indikator hasil belajar peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIII. I yang berjumlah 30 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan pmbelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), dan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, Lembar tes hasil belajar dan Lembar isian respon peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan angket. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dan pembahasan hasil yang diperoleh adalah (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dengan skor masing-masing 3,68; 3,74; dan 4.00 (2) Indikator Hasil Belajar yang terdiri dari indikator hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor dengan skor rata-rata berturut-turut adalah 0,83; 0,94; dan 0,89. (3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari hasil belajar kognitif 0,80, THB 0,98 dan psikomotor 0,83. (4) Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning dengan perolehan skor 82,2%. Hasil yang diperoleh dari 4 masalah tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sudah optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pesawat Sederhana, Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:09
Last Modified: 20 Sep 2021 02:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item