ANALISIS SINKRONISASI DAN KONSISTENSI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DI PROVINSI NTT TAHUN 2016

MUDJUR, Maria Magdalena (2018) ANALISIS SINKRONISASI DAN KONSISTENSI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DI PROVINSI NTT TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
File Abstrak .pdf

Download (600kB)
[img] Text
File Bab I .pdf

Download (139kB)
[img] Text
File Bab II .pdf

Download (265kB)
[img] Text
File Bab III .pdf

Download (364kB)
[img] Text
File Bab IV .pdf

Download (620kB)
[img] Text
File Bab V .pdf

Download (553kB)
[img] Text
File Bab VI .pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinkronisasi dan konsistensi perencanaan dan penganggaran di Provinsi NTT serta umtuk mengetahui faktor penyebab jika terjadi ketidakkonsistensi. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi NTT.Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan untuk mengevaluasi tingkat konsistensi program dan kegiatan antara dokumen perencanaan dan penganggaran dilakukan dengan membuat Matriks Konsolidasi Perencanaan dan Penganggran. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sinkroninasi perencanaan dan penganggran di Provinsi NTT berjalan cukup baik, selain itu tingkat konsistensi perencanaan dan penganggrannya pun dapat dikatakan cukup baik, walaupun masih ada program, kegiatan dan anggaran dari beberapa SKPD di Provinsi NTT yang belum konsisten. Beberapa faktor yang menyebabkan ketidakkonsistenan program, kegiatan dan anggaran yaitu kurangnya komitmen bersama dari pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan untuk tetap menjaga konsistensi pada dokumen perencanaan dan penganggaran serta adanya intervensi anggota DPRD, terutama pada saat proses penyusunan APBD. Berdasarkan analisis dalam penelitian ini, maka saran yang peneliti sampaikan yaitu meningkatkan komitmen bagi para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan dalam menjaga konsistensi perencanaan dan penganggaran dan juga pemerintah provinsi melakukan evaluasi secara rutin terhadap tingkat konsistensi dari dokumen RKPD, PPAS dan APBD pada Pemerintah Daerah. Apabila pada saat dilakukan evaluasi dinyatakan tidakkonsisten, maka pemerintah propinsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dapat melakukan pembinaan pada pemerintah daerah Sinkronisasi, Konsistensi, Perencanaan dan Penganggaran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 23 Aug 2019 00:24
Last Modified: 23 Aug 2019 00:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item