Pengaruh Iklan Internet, Kelompok Acuan Dan Harga Terhadap Keputusan Menonton Pada Cinemaxx Lippo Plaza Kupang(Studi Pada Mahasiswa Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)

LEO, Margaretha Selin (2018) Pengaruh Iklan Internet, Kelompok Acuan Dan Harga Terhadap Keputusan Menonton Pada Cinemaxx Lippo Plaza Kupang(Studi Pada Mahasiswa Strata Satu Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (508kB)

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, membuat perusahaan menciptakan berbagai sarana promosi. Salah satunya adalah Bioskop, yang menciptakan Cinemaxx, yang dipromosikan lewat internet. Namun, jumlah penonton pada Bioskop terus mengalami penurunan. Masyarakat dalam memutuskan untuk menonton di Bioskop, memerlukan informasi dari iklan internet, kelompok acuan dan harga. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang iklan internet, kelompok acuan, harga dan gambaran tentang keputusan menonton film pada Cinemaxx Lippo Plaza Kupang? 2) Apakah iklan internet, kelompok acuan dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menonton film pada Cinemaxx Lippo Plaza Kupang? 3) Apakah iklan internet, kelompok acuan dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menonton film pada Cinemaxx Lippo Plaza Kupang? Penelitian dilakukan di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden, menggunakan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis ini menggunakan alat statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisis deskriptif menggambarkan kategori persepsi variabel iklan internet 83,15%, variabel kelompok acuan 83,93%, variabel harga 74,63% dan variabel keputusan menonton 82,7%, sehingga hasil analisis deskriptif dari semua variabel, dikategorikan dalam kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 0,438X1 + 0,182X2 + -0,187X3. Hasil uji t menunjukkan variabel iklan internet dan kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menonton, sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan menonton. Hasil uji F menunjukkan variabel iklan internet dan kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menonton, sedangkan variabel harga berbanding terbalik, yaitu semakin rendah harga semakin tinggi permintaan. Hasil koefisien determinasi adalah 0,203 atau 20,3%, artinya 20,3% variabel keputusan menonton merupakan kontribusi dari variabel iklan internet, kelompok acuan dan harga, sedangkan sisanya 79,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada perusahaan agar hendaknya membuat strategi baru, seperti pemberian diskon atau promo, yang salah satunya adalah harga tiket, kepada konsumen atau kelompok acuan, guna menarik minat konsumen untuk menonton pada Cinemaxx Lippo Plaza Kupang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: iklan internet, kelompok acuan, harga, keputusan menonton.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:36
Last Modified: 18 Oct 2019 01:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item