Penerapan Teknik Vokal Frasering Pada Lagu Indonesia Pusaka Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Siswa-Siswi Kelas VIII Minat Vokal SMP Negeri 6 Kupang Tengah SATAP Melalui Metode Drill

DAY, Stefania Owa (2019) Penerapan Teknik Vokal Frasering Pada Lagu Indonesia Pusaka Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Siswa-Siswi Kelas VIII Minat Vokal SMP Negeri 6 Kupang Tengah SATAP Melalui Metode Drill. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (353kB)

Abstract

Pendidikan seni budaya tidaklah cukup hanya melalui pemberian teori,melainkan harus sejalan dengan praktek. Realita yang terjadi pada siswa-siswi SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap adalah siswa-siswi menyanyikan lagu dengan pemenggalan kalimat yang tidak benar. Faktor penyebabnya adalah kurangnya kemampuan siswa-siswi untuk menahan napas lebih lama. Penelitian ini berjudul penerapan teknik vokal frasering pada lagu Indonesia Pusaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi kelas VIII minat vokal SMP Negeri 6 Kota Kupang Tengah Satap melalui metode drill.Permasalahan yang menjadi fokus penelitian yaitu,”Bagaimana menerapkan teknik vokal frasering pada lagu Indonesia Pusaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi kelas VIII minat vokal SMP Negeri 6Kupang Tengah Satap melalui metode drill. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam rangka penerapan teknik vokal frasering pads lagu Indonesia Pusaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi kelas VIII minat vokal SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap Melalui Metode Drill.Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : metode yang digunakan dalam menerapkan teknik vokal frasering pada lagu Indonesia Pusaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi sisw-siswi kelas VIII minat vokal SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap melalui metode drill dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal, peneliti melakukan wawancara dengan guru seni budaya sekaligus permintaan ijin dari kepala sekolah. Tahap inti, proses latihan dalam upaya menerapkan teknik vokal frasering di fokuskan pada latihan pernapasan, menyanyikan etude, dan latihan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dengan pemenggalan kalimat yang baik dan benar. Tahap akhir, pementasan lagu Idonesia Pusaka sesuai dengan apa yang telah dilatih bersama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa upaya menerapkan teknik vokal frasering pada lagu Indonesia Pusaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi kelas VIII minat vokal SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap melalui metode drill membawa perubahan positif kepada siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang Tengah Satap, walaupun masih terjadi kesalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dapat membantu siswa-siswi mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan di hari esok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik vokal frasering,siswa-siswi,ekstrakurikuler,metode drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:42
Last Modified: 18 Oct 2019 01:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item